Menu

History Of Rock Part II

History Of Rock Part II

History Of Rock Part 2
ERA PERGESERAN

Pengamat musik selalu nggak sepakat tentang musisi rekaman rock and roll yang pertama. Sister Rosetta Tharpe udah ngerekem musik yang penuh dengan teriakan dan hentakan antara tahun 30an dan 40an. Gaya musiknya juga udah mirip dengan ciri rock and roll. Musisi laen yang nyanyiin lagu gospel bercampur blues dengan iringan piano boogie adalah Big Joe Turner dengan lagu Rooll'em Pete.

Biar lagu ini di rekam tahun 1939, tapi warna musiknya sudah nggak bisa di bedain sama gaya rock and roll tahun 1950an. Banyak yang meyakini kalau singgle yang petama Elvis Presley yang berjudul That All Right ( mama ) adalah rekaman rock and roll yang pertama. Yrud, Lagu hit Bo Didley dan I'am A Man yang di nyanyikan sama Bo Didley juga di sebut - sebut sebagai petintis bit baru yang menghentak! Banyak deh.

Intinya, jaman segitu perkembangan dari kondisi crossover dan cover udah makin nggak kebendung. Musisi yang coba - coba berekperimen juga makin kayak jamur yang tumbuh di musim hujan.

Kata ROCK & ROLL punya interprestasi yang macem - macem dan terus berkembag seiring perkembangan jaman. Wikipedia ceita kalau istilah rock awalnya adalah kebiasaan penyanyi gospel kulit hitam dari selatan amerika serikat untuk nyebut suatu proses pengangkatan yang bakal di alami orang yang percaya pada akhir jaman. Sedangken ROCK & ROLL sendiri adalah kata gaul yang sering di pakai untuk nyebut " hubungan seks ".

Penyanyi wanita Trixie Smith pertama kali masukin kata rock & roll dalam lagu " My Baby Rocks Me With One Steady Roll " yang rilis tahun 1922. Pada akhir dekade 1940an istilah itu berkembang jadi " menari " kayak dilirik lagu " I Say, Well, Meet, Me In A Hurry Behand The Barn, Don't You be Afraid, Darling, I'll Do Yuo No Harm. I Want You to Bring Long My Rockin' Shoes, 'Couse Tonight I'm Gonna Rock Away All My Blues. I Heard The News, There's Good Rockin to Night. "

Tahun 1951, Alan Freed, seorang DJ di Cleveland, Oihio mulai nyetel musik yang ternyata juga di sukai pendengar dari berbagai kalangan dan ras. Doi disebut - sebut sebagai yang pertama kali populerin istilah " ROCK & ROLL " untuk musik R&B yang di maenin dengan bit yang lebih ngebut. Sewaktu kerja jadi DJ di sebuah stasiun radio, Alan juga sempet ngadain konser pada 12 Maret 1952 yang di beri nama The Moondog Coronation Ball. 

Acara itu di tonton sama sebagian orang kulit hitam. Tapi sayang banget, baru saja acara di mulai, pihak berwajib itu sudah nyuruh konser itu bubar gara - gara penontonya terlalu padat. Gokil!!!! Alan tetep terus ngadain koser - konser yang akhirnya mulai bisa di tonton poleh orang - orang berbagai ras.

Sekitar tahun - tahun itu ada dua film yang bertemakan anak muda rilis di bioskop, yaitu Rebel Without A Couse dan Blackboard Junggle. Film tersebut nyeritain anak muda pemberontak yang melawan apa aja di sekitar mereka termasuk ortu dan guru - guru mereka. Pemeran utama disana yang muncul punya potongan rambut jambul bebek, berjaket kulit hitam, kemeja nggak di kancing, kerah lebar, dan mulut yang nggak henti ngeluarin caci maki. 


Disini, imej baru anak muda sudah mulai kebentuk. Anak muda yang keren tuh bukan lagi anak muda yang alim dan nyambung sama obrolan ortu, justru yang berani ngelawan. Kebiasaan - kebiasaan yang melenceng dari pola kemapanan jelas makin merebak. Begitu juga dengan musik yang biasa di dengerin. Ada satu lagu di film Blackboard Junggle yang pas banget dengan gejolak jiwa muda mereka. Yaitu sebuah lagu dari Bill Haley And The Comets yang judulnya, Rock Around The Clock. Lagu ini jadi lagu rock and roll petama yang nembus tangga lagu majalah Billboard untuk angka penjualan dan Airplay di radio.

Apa kabar dengan musik pop? Di dunia musik pop, para penyanyi yang sudah menjadi bintang sejak dekade sebelumnya kayak Eddie Fisher, Perry Como, dan Petti Page mulai kesulitan untuk nembus tangga lagu gara - gara tethalang oleh musik ROCK & ROLL


Disini, imeg Rock & Roll adalah musik yang nggak berkelas mulai berhembus. Kemungkinan besar sih oknum pelakunya orang - orang dari musik lama yang nggak bisa survive sama sebuah genre baru ini. Tapi, ternyata Rock & Roll terus ngelambung tuh. Bahkan sampai hari ini perkembanganya sudah ngak bisa di bayangin lagi. Makin berkembang ngikutin jaman dan sebagai tongak sejarah awal perkembangan musik Rock & Roll.

Ads middle content1

Ads middle content2