Menu

ROCK 90 - AN SAMPE SEKARANG

ROCK 90 - AN SAMPE SEKARANG

ROCK 90 - AN SAMPE SEKARANG
Di sini adalah era di mana kekuatan gitaris Shredder mulai hilang dari perhatian. Di era ini semua telinga para penikmat musik dan pemusik di kuasai oleh Rock Alternatif. Musik simpel, melodi - melodi instrumen yang nggak berlebihan, dan bermain dengan Attitude jadi ciri khas band - band yang berangkat dari genre ini. 

Pengaruh 80-an makin melekat di awal dekade 90-an ini. Grunge biasa di sebut sebagai Seattle Sound karna banyak dari band - band itu lahir di seattle-- yang dari sebelumnya sudah di populerin sama The Pixies makin di kibarin sama Nirvana. Ada juga Pearl Jam, Alice In Chains, Sound garden, Dll. 

Gaya yang menjadi diri sendiri, cuek, sesekali ngeluapin kemarahan lewat lirik, permainan gitar kasar dengan lead gitar kencang, dan aksi anggung yang expresif ngebikin masyarakat tercengang. Otomatis, mereka langsung dapat perhatian yang luar biasa.

Masih dari genre alternatif, pop punk juga bekibar dengan nongolnya Rancid, Green Day, dan The Offspring. Di tengah gempuran Grunge dan pop punk, ada musisi - musisi rock alternatif yang bereksperimen lebih dalam dengan paduan elektronik, Ambient Musik dan nuansa lebih gelap. Nama yang muncul antara lain Radiohead dan Bjork. Mereka membuat music dengan bunyi - bunyian nggak umum dan mendifinisikan musik bukan lagi sekedar hiburan buat telinga, tapi sebagai adikarya. 

Bagi mereka musik sudah menjadi kreativitas yang nggak lagi punya batasan. Orang yang nggak paham sama apa yang mereka bikin pasti bakal komen kalau lagu mereka nggak enak. Tapi bagi orang - orang yang paham, pasti bakal langsung geleng - geleng kepala karna kagum. Akhirnya, genre akternatif seterusnya ngelahirin banyak sub-genre yang makin hari makin punya spesifikasi sendiri seperti Dream Pop, Gothic Rock, Indie Pop, Indie Rock, Noise Pop, Paisley Underground, Post-Rock,Shoegazing, Twer Pop. 

Rock Heavy Metal juga ngalami metamorfosis yang gila. Selain ngebentuk wabah hair metal yang sempet sukses di tahun 80an, pola - pola bermusik yang makin ekstrim juga kebentuk makin komplek. Hip Metal dan Nu metal adalah genre yang sempet wira - wiri di jalur industri rock mainstream saat ini. Band yang terkenal diantaranya Reg Againt The Machine, Lim Bizkit, Korn, POD, System Of A Down, Sampe Linking Park.Trash Metal juga termasuk cabang Heavy Metal yang sampe sekarang terus ngelahirin sub-genre baru dengan embel - embel "metal". 

Sebagian sub - genre tersebut berkembang pesat lewat jalur khusus, bawah tanah! Walaupun dengan popularitas terbatas, mereka tetep punya penggemar setia yang fanatik. Genre Black Metal, Death Metal, Dan Gothic Metal pun lahir. Nggak berhenti sampai di situ, genre - genre itu pun masih bercabang hingga tak terhingga. Dari genre Death metal sendiri masih ada yang namanya sub genre Melodic Death Metal, Progresif Death Metak, Brutal Death Metal, Slam Death Metal, Doom, dan masih banyak lagi. 

Musik Rock sudah berkembang lebih dari separuh abad. Berawal dari musik R&B yang di mainin dengan bit yang agak cepat, rock akhirnya berevolusi jadi berbagai macam bentuk genre yang jarang nggak bisa lagi di definisikan. Dan, seperti musik pop, sebagian besar musik rock tetep jadi bagian dari industri musik yang penuh perhitungan untung dan rugi. 

Emang buat para pengusaha industri rekaman, musik itu cuman di anggap produk dan nggak melulu jadi sebuah karya seni. Di tengah siklus yang naik turun dan pasar yang nggak bisa di tebak, musisi rock terus bermunculan. Rock pada alhirnya juga nggak bisa di pisahin dari budaya dan kebiasaan. Karna Rock memang nggak bakal pernah mati!! Just Keep On Rckin.

Ads middle content1

Ads middle content2