Menu

ROCK '70 - AN

ROCK '70 - AN

ROCK '70 - AN
Di dekade ini band - band inggris masih nguasain pasar. Band art rock yang muncul di akhir 60-an juga lagi jaya - jayanya. Quen juga ngerilis album pertamanya di tahun 1973, masih dengan konsep art rock. Yang kemudian nongol dan bikin kepala geleng - geleng adalah munculnya musik Glam Rock! Glam Rock atau Glitter Rock adalah sebuah gaya musisi rock yang awalnya datang dari inggris. 

Mereka manggung dengan pernak pernik yang heboh habis. Pakaian, gaya rambut, make up, bahkan sepatu boot yang solnya gede banget. Musisi rock yang punya image kental dengan glam rock antara lain KISS dan David Bowie. Quen juga termasuk yang kemudian ngadopsi gaya ini. Lirik flamboyan, gaya teatrikal, dan visualisasi unik ngebat mereka jadi cepet dapat tempat di hati penggemar musik rock. Nuansa musick rock and roll dengan riff gita yang nampol masih jadi karya yang meteka tawarin. 

Ambient Musik yang di kenalin sama Brian Eno juga mulai keliaran di jaman ini. Logikanya, kalau di tahun 60-an aja pencabangan musik rock aja sudah banyak, apalagi di tahun 70. Pasti makin rame dong!

Ada yang paling nyolok kuping, broder! Yaitu munculnya band - band rock Heavy Metal dengan kombinasi rock blues dan pshychedelic rock ( Rock bernuansa gelap yang ngegambarin keadan orang kecanduan ). Sound gitar yang tebel dan mulai berdistorsi, serta bit yang makin kenceng jadi pilihan baru yang luar biasa. Dari pencabangan musik rock and roll, mugkin gaya inilah yang di sebut -sebut paling extrim dan jantan! Led Zeppelin, Black Sabbath dan Alice Cooper. 

Band - band itu terjadi inspitasi band rock dunia manapun, bahkan jadi nenek moyang dari band band metal yang laris manis di tahun duaribuan. Ac/Dc, Band hard rock asal Australi juga ikut menginvasi Amrik pada dekade ini. Mereka bisa go internasional gara - gara di back up sama atlantic record yang emang lebel paling mantep buat urusan musik rock tahun segitu. Aerosmith dan Styx juga termasuk band hardrock yang ikutan laris manis di tahun tahun ini.



Nah,satu genre musik yang sampe sekarang juga jadi fenomena sosial adalah musik punk rock!Musik ini lahir masih dari kembangan rock and roll.Tapi,mereka agak ngejauh dari konsep rock yangsaat itu jadi mainstream.Punk rock punya bit yang ngebut,berdurasi pendek dan punya tema lirik yang anti kemapanan,serta cenderung nyindirsituasi politik.Musisi punk punya idealise yang tinggi.


Mereka punya prinsip DIY(do it yourself) dalam memproduksi karya-karyanya a.k.a pantang bergantung sama orang lain.Band kayakThe Ramones asal New York,Sex Pistol dan The Clash asal London jadi pelopor pergerakan kemandirian ini.Dari genre punk rock,pencabangan musik pun makin lebar.Ada new wave,post punk,hardcore,pop punk,dan berbagai macam punk-punk lainnya.Salah satu pencabangan musik punk rock yang lebih luas adalah genre new wave dan post punk yang udah bercampur disco,funk,reggae,bahkan industrial.

Band-band new wave dan post punk yang muncul di akhir 70-an--termasuk di antaranya The Police dan The Cure--punya pengaruh sangat kuat buat perkembangan musik rock di era 80.

Ads middle content1

Ads middle content2